Doodle Matematika

Math Notes ( ^_^ )

MATEMATIKAMENYENNGKAN.COM Sebuah catatan matematika yang menarik bukan? Bisa jadi doodle itu membuat isinya menjadi mudah diingat ^_^.

Apa itu doodle matematika?

Pengertian doodle

Mengadaptasi definisi dari wikipedia, doodle diartikan sebagai bentuk gambar sktesa, merupakan bentuk gambar sembarang yang biasa dibuat oleh seseorang ketika pikirannya tidak fokus pada suatu hal. Doodle adalah gambar sederhana baik itu berupa bentuk-bentuk kongkret ataupun bentuk abstrak.

Sementara doodle matematika yang saya maksud di sini adalah doodle yang mengandung unsur-unsur matematika ataupun yang bersifat matematis.

Saya jadi teringat masa sekolah dulu, ketika berada di kelas dan suasana pembelajaran di kelas terasa membosankan, sambil mendengarkan ceramah guru (maaf bukan maksud melecehkan guru, karena saya sendiri sekarang adalah seorang guru ^_^ ), tak terasa beberapa halaman belakang buku catatan saya menjadi penuh dengan coretan doddle saya :) .

Berikut adalah beberapa gambar-gambar doddle matematika yang berhasil saya temukan, yang menurut saya cukup menarik.

Math Exercise Book Doodle

Math Exercise Book Doodle

Math Exercise Book Doodle

Tiga gambar doodle di atas dibuat oleh orang yang sama. Gambar yang hanya dibuat menggunakan pensil hitam dan pensil warna itu beberapa diantaranya dibuat ketika kelas matematika ^_^. Kenyataannya, pola pegubinannya bagus sekali.

Ulam Spiral

Sebuah doodle matematika paling menakjubkan yang pernah ada. Ulam Spiral ini dibuat oleh Stainslaw Ulam, seorang matematikawan menemukan ulam spiral ini pada saat membuat coretan pada sebuah acara konfrensi akademik. Cerita menarik tentang ulam bisa Anda baca di sini.

Roman Meander Labyrinth

Perlu akurasi dan ketelitian untuk membuat gambar labirin seperti ini.

Math Doodle

Ini adalah yang terakhir. Mudah-mudahan kertas hasil ulangan yang penuh coretan ini bukan karena hasil ulangannya yang jelek :) !

Tinggalkan komentar